Tips Meningkatkan Produksi Hormon Testosteron Pada Pria Secara Alami

Bagi para pria hormon testosteron merupakan hormon yang sangat penting. Mengapa ? Karena hormon ini lah yang akan menunjukkan jatidiri pria sesungguhnya, he he he....

Apa sih fungsi dari hormon testosteron ini ? Hormon testosteron adalah hormon seks yang dimiliki oleh pria, dan berfungsi untuk meningkatkan vitalitas sekaligus tanda berfungsinya alat kelamin pria agar bisa mengeluarkan sperma,  sedangkan wanita memiliki hormon seks sendiri yang dinamakan hormon esterogen dan hormon progesteron.

Hormon testosteron sangat dibutuhkan oleh tubuh pria, karena hormon inilah yang bertanggung jawab pada pembentukan karakteristik fisik pria seperti pertumbuhan rambut di wajah dan tubuh, pertumbuhan rambut kemaluan, suara yang lebih besar, dan lain-lain. Selain itu hormon ini pula yang membentuk tubuh pria menjadi berotot dan bentuk tubuh ramping, karena memiliki potensi untuk pembakaran lemak yang membantu pembentukan tubuh yang ideal/ramping.

Hormon Testosteron Berperan Penting Bagi Pembentukan Tubuh Pria

Testosteron mulai diproduksi ketika seorang pria memasuki akil balig, atau menginjak dewasa / masa pubertas. Hormon ini bersifat steroid, dan berperan vital bagi kesehatan pria dan diproduksi oleh tubuh pria 20 kali lebih banyak dibandingkan kaum wanita. Hormon ini akan diproduksi berlimpah saat masa pubertas, sehingga tidak heran pria yang mulai beranjak dewasa / masa pubertas ini akan terlihat cepat perkembangan atau pertumbuhannya.

Produksi hormon testosteron ini akan mulai menurun seiring dengan pertambahan usia. Penelitian menunjukkan bahwa kadar testosteron akan berkurang sejak usia 30-an. Persentasi pengurangan produksi hormon ini berkisar 1-1,5 % per tahun setelah usia 30, dan akan signifikan berkurang saat melebihi usia 40 tahun, menjadi sekitar 10-14 % pertahun, dan tidak dapat dihindari lagi, mereka mulai merasakan dampak dari testosteron rendah.


Testosteron tidak hanya berfungsi untuk urusan seksual saja, akan tetapi berfungi untuk mendistribusikan lemak ke seluruh tubuh, menjaga kekuatan tulang dan otot. Kekurangan hormon testosteron ini akan menurunkan fungsi seksual, kepadatan tulang dan masa otot serta peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat memicu berbagai macam penyakit seperti jantung, stroke, prostat dan semile dementia (penurunan daya pikir karena penuaan).

Cara meningkatkan hormon testosteron pada tubuh adalah dengan mengkonsumsi suplemen atau menyuntikkan hormon testosteron ke dalam tubuh. Sayangnya hal tersebut dalam jangka panjang akan menimbulkan efek samping yang lebih parah dan berbahaya bagi tubuh seperti kerusakan hati. 

Untuk itu hal terbaik adalah menjaga secara alami agar tubuh tetap stabil memproduksi hormon testosteron ini melalui beberapa hal penting yang harus dilakukan sedini mungkin di bawah ini.

TIPS DAN CARA MENINGKATKAN VOLUME HORMON TESTOSTERON

1. Olahraga Secara Teratur 
Salah satu cara yang paling efektif dan aman untuk meningkatkan produksi testosteron dalam tubuh Anda dengan bantuan olahraga. Ya! jika Anda berolahraga, produksi testosteron akan meningkat.
Akan tetapi tetap penting untuk membatasi kegiatan olahraga Anda tidak lebih dari 60 menit sehari. Jika melakukan olahraga lebih dari 1 jam sehari, maka dapat meningkatkan produksi hormon stres dalam tubuh Anda dan ini dapat mengganggu sekresi testosteron negatif.

2. Menjaga Berat Badan Ideal
Lemak berlebih pada tubuh akan berdampak pada penurunan kadar hormon testosteron. Oleh karena itu menjaga makanan / diet juga dapat memainkan peran penting di sini. Makanan yang mengandung mineral seperti seng dan lemak esensial seperti Omega 3 membantu meningkatkan kadar testosteron pada pria. Pada saat yang sama, penting untuk mengurangi makanan yang kaya karbohidrat dan gula.

3. Mengatasi Stres
Salah satu hasil penelitian ilmiah menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami stres, akan menghasilkan hormon kartisol dalam kadar yang tinggi. Tingginya hormon kortisol akan mempengaruhi produksi hormon testosteron. Tingkat stres yang menurun akan disertai dengan dampak penurunan dari hormon kortisol ini.


4. Cukup Tidur dan Istirahat
Selain itu, juga penting untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup istirahat. Mengelola stres adalah bagian penting dari peningkatan testosteron. Dalam sebuah penelitian di Belanda, ditemukan bahwa tidur yang berkualitas akan berdampak pada terdistribusi dengan baik hormon testosteron dalam darah. 

5. Konsumsi Kacang
Kacang-kacangan memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang berlimpah. Kandungan asam aspartat  yang tinggi dalam kacang terbukti bisa meningkatkan produksi hormon testosteron dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

6. Konsumsi Suplemen Herbal
Alternatif lain untuk meningkatkan hormon testosteron secara alami adalah dengan mengkonsumsi suplemen herbal yang dikhususkan untuk menambah daya seksualitas pria. Biasanya suplemen herbal yang diproduksi akan mencampurkan beberapa herbal yang memiliki khasiat meningkatkan produksi hormon testosteron dalam tubuh seperti herbal akar pasak bumi.


Madu Kuat Indrajit adalah madu yang diramu dengan berbagai herbal penambah vitalitas pria seperti pasak bumi, lada hitam, bawang putih, temulawak dan jintan hitam. Produk yang dikemas dalam botol ukuran 350gr akan memudahkan Anda untuk mengkonsumsinya dimanapun Anda berada.

Pastikan tips-tips kesehatan untuk peningkatan hormon testosteron di atas bisa Anda terapkan. Kehidupan anda akan menjadi lebih baik bila vitalitas serta kesehatan anda tetap terjaga berapapun usia Anda. Karena kesehatan adalah anugerah

yang sangat mahal dan tidak ternilai harganya.

Semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Tips Meningkatkan Produksi Hormon Testosteron Pada Pria Secara Alami"

Posting Komentar