14 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Organ Tubuh Dalam Manusia

MANFAAT MADU. Madu memiliki rasa yang manis dan enak, disukai oleh hampir semua orang terutama anak-anak. Selain rasanya yang enak, manfaat madu juga sangat banyak bagi kesehatan organ tubuh manusia. Madu sangat dianjurkan untuk dimanfaatkan sebagai suplemen alami dalam meningkatkan taraf kesehatan secara umum, serta sebagai herbal untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Beberapa manfaat madu untuk kesehatan organ tubuh manusia akan kita bahas dan uraikan.
Kesehatan Organ Dalam Tubuh Manusia

1. Meningkatkan Energi
Madu dapat digunakan untuk menambah energi. Banyak atlet mengkonsumsi madu untuk meningkatkan stamina tubuh mereka. Sebagai penambah energi alami, madu dapat menurunkan berat badan. Madu menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk membantu mendapatkan energi. Madu juga merupakan sumber yang bagus untuk mendapatkan zat besi, kalium dan kalsium yang berkhasiat menguatkan tulang dan otot.

Jika Anda memiliki aktivitas yang sangat menyita waktu dan membutuhkan tenaga ekstra, maka Anda sangat membutuhkan madu. Zat-zat yang terkandung di dalam madu sejak lama dipercaya mampu membantu tubuh dalam memproduksi energi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Hal ini dikarenakan madu mengandung zat yang bernama fruktosa dan glukosa.

Jika dibandingkan jumlah gula yang sama, kandungan kalori dalam madu asli adalah 40% lebih rendah. Walau memberi energi yang besar, madu asli tidak menambah berat badan. Kandungan gizi utama madu asli terdiri dari gula fruktosa, glukosa, sukrosa, dan dekstrin yang menambah asupan energi yang Anda perlukan.

2. Memperlancar Fungsi Otak
Jika dicampurdengan air hangat, madu asli dapat berfungsi kedalam darah hanya berselang tujuh menit setelah dikomnsumsi. Molekul gula bebas dalam madu asli membuat otak Anda berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengkonsumsi gula terbesar.

3. Kekebalan Tubuh
Fruktosa dan glukosa sangat berperan di dalam madu. Setelah dikonsumsi, kedua zat utama itu diproses menjadi glikogen yang kemudian disimpan di dalam organ hati sehinga dapat digunakan sewaktu-waktu saat tubuh Anda membutuhkan energi tambahan.

Manfaat madu juga akan sangat terasa untuk tubuh dalam hal kekebalan terhadap berbagai penyakit yang ditularkan melalui virus, seperti flu. Manfaat madu sebagai anti-oksidan dan anti bakteri mampu meningkatkan fungsi organ tubuh manusia terutama sistem pencernaan dan membantu Anda tetap sehat dan mampu melawan penyakit.

4. Anti tumor dan Mencegah Kanker
Manfaat madu yang berikutnya adalah sebagai anti tumor, karena madu memiliki karsinogen yang dapat mencegah kanker dan anti tumor. Madu memang tidak dapat menyembuhkan kanker tetapi memiliki kemampuan pencegahan atas penyakit tersebut.

5. Memperbaiki Sistem Pencernaan
Madu memiliki anti bakterial yang sangat tinggi sehingga ia terbilang sangat higienis. Sifat anti bakterial ini dapat membantu Anda dalam memperbaiki sistem pencernaan pada tubuh Anda.

6. Menurunkan Berat Badan
Meskipun madu memiliki lebih banyak kalori dibanding gula, ia dapat membantu Anda dalam mencerna lemak yang tersimpan di dalam tubuh Anda jika ia dikonsumsi dengan air hangat. Apabila lemak sudah dicerna,maka lemak di dalam tubuh Anda akan berkurang sehingga berat badan Anda pun menjadi turun.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Madu adalah salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh Anda. Antioksidan merupakan unsur yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Madu juga tidak mengandung lemak jenuh sehingga tidak menambah kadar kolesterol jahat di dalam tubuh Anda.

8. Menurunkan Glukosa dan Kolesterol Darah
Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik yang rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang mengidap diabetes melitus harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah.
Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibanding gula atau gula sintetis.Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.
Madu mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes karena adanya unsur antioksidan  yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. Madu mengandung nutrisi yang kaya vitamin B1,B5 dan C yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes.
Sesendok kecil madu murni akan menambah cepat dan besar kandungan gula di dalam darah sehingga menstimulus sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Sebaiknya penderita diabets melakukan analisis darah terlebih dahulu untuk menentukankan takaran yang diperbolehkan untuknya di bawah pengawasan dokter.

9. Meringkankan Penyakit Pernapasan
Madu sangat efektif untuk penyakit pernapasan. Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu dapat mengatasi penyakit bronkhitis kronis, bronkhitis asma, rinitis (radang selaput hidung) kronis, alergi dan sinusitis. Ya, madu adalah obat yang efektif untuk infeksi pernapasan.

10. Mengobati Pilek dan Sakit Tenggorokan
Infeksi kkarena virus, bakteri, atau jamur dapat menyebabkan munculnya penyakit di dalam tubuh Anda.madu memiliki fungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Oleh karena itu bisa digunakan untuk obat alami menyembuhkan flu, pilek dan sakit tenggorokan.

11. Membantu Pembentukan Darah
Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih jauh lagi, ia membantu pembersihan darah.
Madu memang berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Ia juga berfungsi sebagai pelindung terhaap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.
Madu mampu meningkatkan jumlah sel darah merah (hemoglobin) dan membersihkan sel-sel darah (sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah). Ia bahkan dapat membersihkan kotoran yang terdapat pada usus pembuluh darah dan yang lainnya

12. Membunuh Bakteri
Sifat madu yang membunuh bakteri disebut efek inhibisi. Penelitian tentang madu menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila dincerkan dengan air. Sungguh menarik bahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan madu encer oleh lebah-lebah yang bertanggung jawab merawatnya.
Penggunaan antibiotik sekarang ini cukup mengkhawatirkan. Sebagian dokter menganggap obat ini cukup mujarab untuk melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Efek antibiotik ibarat bom. Ia menyapu semua bakteri dan menekannya hingga mati. Sayangnya, antibiotik yang hanya efektif melawan bakteri ini sering diresepkan untuk penyakit yang disebabkan oleh virus.
Virus justru tidak mempan dibasmi antibiotik. Bakteri yang terkena antibiotik, dan belum mati akan terus menguatkan diri sehingga lebih tahan terhadap serangan antibiotik yang sama. Jika sudah begini, pasien perlu antibiotik yang lebih kuat. Dan, saat bakteri mampu resisten dengan produk antibiotik yang dianggap paling kuat, maka ia menjadi bakteri super. ia menjadi raja penyakit atas diri seoranga pasien. Obat-obatan tidak ampuh lagi melawan bakteri itu. Adakah antibiotik yang kuat dan mampu melawan bakteri super ? Jawabannya adalah Madu.
Profesor Rose Cooper dari University of Wales Institute, Cardiff, Inggris, menggunakan madu untuk melawan bakteri super dari jenis Pseudomonas Aeruginosa, Group A Streptococci, dan Meticilin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Ternyata madu tersebut mampu menghalangi masuknya bakteri ke jaringan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi akut.
Ketika bakteri super dilawan dengan madu, ia akhirnya kembali menjadi sensitif terhadap antibiotik dari produk farmasi. Kekuatan bakteri super pun menjadi berkurang. Akhirnya, bakteri bisa kembali dilawan dengan antibiotik biasa.

13. Meredakan Batuk
Saat pergantian musim, banyak orang yang mudah terserang batuk. Sebelum mencari berbagai macam obat batuk di toko, sebaiknya Anda menggunakan bahan herbal untuk mengobatai batuk tersebut.
Batuk bisa disebabkan oleh berbagai sebab seperti peradangan, infeksi saluran napas, influenza, alergi, asma, tersedak dan beberapa penyebab lainnya. Hampir setiap orang pernah terserang batuk, karena batuk sebenarnya adalah reflek fisiologis tubuh untuk mengeluarkan benda-benda asing dari tenggorokan, baik makanan maupun virus dan bakteri. Batuk bukanlah suatu penyakit melainkan hanya gejala.
Menurut Abdul Mun'im, MSI, PhD, ahli herbal dari Program Pascasarjana Herbal Departemen Farmasi FMIPA Universitas Indonesia, sebaiknya Anda tidak langsung menggunakan obat konvensional (obat kimia) dalam mengobati batuk, tapi gunakanlah bahan-bahan herbal yang mempunyai aroma khas. Ia menyarankan madu sebagai bahan herbal yang bisa digunakan sebagai obat batuk karena madu dapat mengurangi frekuensi batuk serta menambah stamina dan menjaga kebugaran tubuh.

14. Mencegah Diare
Pola makan yang kacau dan gemar menyantap makanan sembarangan pasti sudah pernah Anda rasakan. Efeknya, terkadang penyakit diare menyerang.Untuk mencegah diare datang, Anda hanya perlu meminum madu.
Dr. Paulus H. S. Kwakman dari Academy Medical Center, Amsterdam, Belanda, mengatakan bahwa madu memiliki manfaat yang tinggi bagi dunia medis. Madu disebut-sebut dapat mengatasi berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau mikroba. Cairan dari lebah itu juga dapat dijadikan antibiotik yang ampuh melawan berbagai serangan penyakit.
Dr. Paulus dan timnya menemukan bahwa madu dapat membunuh berbagai bakteri, termasuk Staphylococcus Aureus, yaitu bakteri yang menyebabkan nfeksi yang parah di kulit, tulang bahkan paru-paru. Bakteri ini tidak mempan dengan obat-obatan seperti antibiotik. namun dengan madu, bakteri ini lumpuh hanya dalam waktu 24 jam.
Bakteri lain yang dapat diatasi dengan madu adalah Ecoli, yaitu bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan seperti diare dan muntaber. Dengan madu, bakteri ini pun dapat lumpuh hanya dalam waktu 24 jam.


Demikian banyak manfaat madu bagi kesehatan organ-organ tubuh manusia khusus organ tubuh bagian dalam yang pada umumnya rentan terhadap proses degeneratif serta kerusakan akibat pola makan dan polusi. Sehingga tidak heran bila madu banyak pula diramu dengan olahan herbal lainnya untuk menghasilkan khasiat yang lebih lengkap atau sebagai pelengkap dari ramuan-ramuan herbal lainnya seperti pasak bumi, bawang putih, lada hitam , temulawak dan lain sebagainya.

Khusus untuk peningkatan vitalitas dan stamina, produk herbal madu diramu dengan akar pasak bumi sangat dominan ditemui di pasaran obat-obatan herbal. Hal ini disebabkan karena khasiatnya yang sangat ampuh dan banyak dirasakan manfaatnya oleh penggemar dan pengkonsumsi herbal.

Oleh karena manfaat madu yang sedemikian hebat, dan demi menjaga kesehatan Anda serta keluarga tercinta, sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi madu asli. Madu asli dengan campuran herbal yang sesuai akan sangat membantu memelihara kesehatan, khususnya organ-organ tubuh dalam Anda yang secara kasat mata sulit dipantau kondisinya. Jauh lebih baik melakukan pencegahan daripada mengobati.

sumber : Buku Madu dan Khasiatnya, Faisal M Sakri

Semoga bermanfaat.
Salam Herbal.

Related Posts:

0 Response to "14 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Organ Tubuh Dalam Manusia"

Posting Komentar